Pengertian NOFOLLOW DAN DOFOLLOW





1. Nofollow dan Dofollow - Kelebihan dan Kekurangan , dan Manfaat dari Dofollow dan Nofollow akan saya bahas pada kesempatan kali ini . SEO merupakan rangkaian teknis yang sangat kompleks untuk membangun sebuah blog dengan pencapaian maksimal, selain mengutamakan artikel dan konten yang menarik untuk mengoptimasi SEO ON PAGE dan SEO OFF PAGE dengan mencari backlink . Untuk lebih jelasnya saya akan membahas menjadi 2 bagian :

Pengertian NOFOLLOW  DAN DOFOLLOW

Pengertian Blog Dofollow
Pertama yag akan saya bahas adalah arti dari kata "Dofollow" . yang dimaksud Dofollow adalah blog yang mempunyai link pada kolom komentar dengan status dofollow (rel="dofollow") , dimana link tersebut akan diikuti dan ditelusuri lebih lanjut oleh search engine sBlog dofollow bisa dibilang mencari pencarian pada setiap blogger, karena tidak setiap blog dapat kita tinggali komentar dengan backlink dofollow, kebanyakan hanya backlink nofollow . 

seperti google dan search engine yang lain , sehingga link tersebut akan dianggap sebagai backlink . Dan jika kita berkomentar di blog dofollow kita akan mendapatkan backlink dari blog dofollow tersebut (dengan catatan menyertakan link blog kita pada komentar).

Contoh sederhana , apabila blog A memasang backlink ke blog B , maka blog B akan mengambil manfaat dari blog A berupa naiknya pagerank SEO . Langkah ini dinilai bagus untuk menaikkan pagerank blog rendah dengan memasang backlink di blog dengan pagerank tinggi . Identik dengan atribut nofollow pemasangan dofollow ini dengan menyisipkan rel="dofollow" ke dalam kode link HTML anda dengan format : <a href="http://www.ibnu-nova.com" rel="dofollow">Ic Creem<a/>

Keuntungan blog dofollow
keuntungan yang dimiliki blog dofollow diantaranya adalah blog akan menjadi incaran bagi blogger yang lain untuk berburu backlink , maka dari itu jangan heran jika lebih banyak orang yang berkomentar di blog dofollow ketimbang blog nofollow . Blog dofollow juga dibenci GOOGLE , karena blog dofollow cenderung mempunyai lebih banyak link keluar (Outbound Link) dari pada (Inbound Link). Apapun yang terjadi , para admin blog dofollow menurut saya adalah orang - orang yang sangat baik hati , kenapa ?? karena dia bersedia berbagi backlink untuk kita , Tapi saya yakin , sebenarnya masih ada kelebihan blog dofollow yang belun saya ketahui .

Kelemahan blog dofollow
  • Akan menjadi incaran spammer , yang asal meninggalkan komentar hanya demi mendapatkan backlink secara gratis .
  • Blog akan dipenuhi komentar yang bersifat SPAM dan tidak membangun .
  • Blog dofollow tidak disukai oleh search engine seperti Google , karena blog dofollow mempunyai link keluar yang cukup banyak . Sehingga kita jangan terkejut jika mengetahui blog anda tidak berada pada halaman pertama search engine (mesin pencari) .
  • Blog dofollow yang mempunyai terlalu banyak link keluar akan meyebabkan blog anda dihapus dari mesin pencari (search engine) , ataupun kalau tidak , minimal google akan melakukan indeks hanya pada sebagian dari halaman blog anda saja . Ini bisa menyebabkan pengunjung menjadi berkurang , bahkan bisa jadi malah tidak ada visitor sama sekali .
2. pengertian blog nofollow - Yang kedua adalah apa yang dimaksud dengan atribut "nofollow" yang sering anda lihat . Maksud nya adalah cara blog untuk menginstruksian search engine untuk tidak mengikuti link target dalam sebuah blog dari link target tidak akan mengambil keuntungan berupa Page Rank SEO . Tujuan awal instruksi ini adalah mencegah robot crawler untuk mengindeks komentar spam dalam sebuah blog .

Contoh sederhananya , saya ingin memasang link  di blog , tetapi saya tidak ingin ling tersebut mendapatkan keuntungan pagerank search engine dari pemasangan link tersebut , maka saya akan pasang link  tersebut dengan format :  <a href="http://www.link.com" rel="nofollow"> nofollow<a/>

Keuntungan Nofollow blog
Akibat langsung dari pemasangan atribut nofollow ini adalah tidak adanya pengalihan pagerank dari blog pemasang ke blog target, jadi pagerank blog pemasang link tidak terkurangi untuk dialihkan ke link target . Inilah yang sering memicu perselisihan ketika terjadi tukar menukar link , yang salah satunya memasang link dengan atribut nofolow .

Namun Google merilis panduan untuk atribut link nofollow ini , anda dianjurkan untuk memasang atribut ini , berikut adalah beberapa alasannya :

Untrusted Content ,dimana link target tidak bisa dipercaya muatan web-nya bisa beresiko berisi spam . Misalnya masukkan komentar dan guestbook yang tidak dapat dipercaya , sehingga akan meminilisasi masuknya spammer menuju blog anda .
Link Berbayar , Jika ada memasang link yang berbayar akan mempunyai efek negatif kepada pengunjung blog anda , maka anda disarankan untuk memasang atribut ini . Apa itu disebab link berbayar (paid link) ?? Page link adalah link berbayar , diselenggarakan oleh jasa penjual dan pembeli link . Google sendiri sangat tidak menyukai cara menaikkan peringkat dengan memasang link berbayar .
Prioritas Crawlink , Robot search engine tidak bisa melakukan login ke forum anda jadi tidak perlu mengundang robot search untuk mengikuti link "daftar disini" atau "Login" , karena percuma .

Kesimpulannya adalah kegunaan rel="dofollow" dan rel="nofollow" adalah sebagai pencegahan link kita keluar tanpa membawa timbal balik berupa backlink , atau spider mengcrawler blog kita , jadi bila anda link sebuah kata atau text usahakan pakai kode tag HTML diatas sebagai alternatif saja .

Demikian yang bisa saya bagikan tentang pengertian nofollow dan dofollow. Kurang lebih itulah sedikit penjelasan saya, terima kasih sudah membaca artikel ini

sumber : http://www.ibnu-nova.com