Pengertian page rank

page rank


Page Rank - Istilah Page Rank memang sudah lumrah terdengar, dan banyak blogger yang telah memahami apa itu page rang. Tapi, namun Artikel Pengertian Page Rank akan sangat berguna bagi mereka yang baru terjuan ke dunia blogger.

Pengertian page rank- Menurut wikipedia, page rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. Page rank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Penilaian page rank terdiri dari angka 0-10. Semakin besar nilainya, maka akan semakin bagus penilaian page rank terhadap sebuah blog. Biasanya page rank di update penilaiannya setiap tiga bulan sekali.

Menentukan Nilaian Page RankPage rank diciptakan sebagai indikator untuk menunjukan kategori situs atau blog berdasarkan tingkat kepopulerannya. Maksud dari kepopuleran ini dinilai berdasarkan penting atau tidaknya konten yang termuat dalam blog tersebut. Logisnya, jika ada sebuah blog yang dianggap memiliki konten yang penting dan bermanfaat, maka biasanya akan dijadikan rujukan dan akan ada banyak link dari blog lain yang ditujukan atau mengarah pada blog yang penting tersebut. Jadi, intinya di sini adalah google dalam memberikan penilaian page rank kebanyakan mempertimbangkan banyaknya link yang masuk atau mengarah pada sebuah blog yang diharapkan blog tersebut adalah blog populer yang memiliki banyak konten penting dan bermanfaat

Penilaian page rank tidak semata-mata ditentukan oleh banyaknya link yang mengarah ke sebuah blog semata. Akan tetapi, google masih memiliki faktor penilaian lain yang sampai sekarang masih belum jelas di pahami oleh para blogger. Meski demikian, langkah yang mudah untuk mendapatkan page rank tinggi memang dengan mendapatkan link dari blog lain. Semakin banyak blog kita mendapatkan back link dari blog lain, maka akan semakin bagus page rank kita. Semakin tinggi nilai page rank blog yang memberikan link kepada blog kita, maka nilai page rank blog kita pun akan jauh semakin baik. Untuk itu, kita perlu mengadakan ajang bertukar link atau blogroll dengan sesama blogger. Selain menjalin silaturahmi kegiatan ini juga akan sangat membantu dalam menaikan nilai page rank blog kita. 

demikian pembahasan kita tentang Pengertian page rank sebuah blog. Semoga bermanfaat, dan bisa memberi referensi bagi sobat yang ingin meningkatkan blognya.