Pengapalan Smartphone 700 Juta, Samsung & Apple Penguasa

Jakarta - Sepanjang tahun 2012 lalu, pengapalan smartphone mencapai 700 juta unit. Dari data yang dikeluarkan oleh Strategic Analytic disebutkan, Samsung dan Apple menguasai sebagian besar pengapalan tersebut.

Jika membandingkan pada tahun 2011, memang terjadi peningkatan signifikan soal pengapalan ponsel cerdas ini. Tercatat terjadi kenaikan 43% dari pengapalan 490,5 juta unit smartphone.

Di tahun ini, Samsung dan Apple menguasai separuh lebih pengapalan smartphone dunia. Tentu saja Samsung juaranya, dengan pengapalan 213 juta unit yang membuat vendor asal Korea Selatan itu menguasai market share hingga 30%.

Dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (25/1/2013), catatan fenomenal Samsung ini tak terlepas dari kesuksesan ponsel ini di setiap lininya. Mulai dari Galaxy Y segmen bawah hingga Note II di level premium. Ya, kesemuanya berbasis Android.

Sedangkan kompetitornya, Apple, yang menguasai pasar smartphone sebesar 19% sukses mengapalkan 135,8 juta unit iPhone. Pangsa besar iPhone sendiri berasal dari kawasan Amerika Utara, dan sedikit di kawasan Afrika.

Lalu bagaimana dengan Nokia? Perusahaan ini masih 'beruntung' menempati posisi ketiga. Namun market share-nya turun drastis dari 16% di tahun lalu menjadi 5%.

"Nokia Windows Phone melakukan pencapaian yang signifikan dengan model baru 920. Tetapi itu masih belum cukup untuk membuat vendor ini mendongkel posisi S III atau iPhone," kata pihak Strategy Analytics.